by

Periode Juli KPU Pati Tetapkan DPB 1.029.983 Pemilih

-Politik-13 views

Jateng7.com.PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati terus melakukan update Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) setiap bulan. Terbaru KPU Pati menetapkan DPB periode bulan Juli 2022.

Divisi Rendatin KPU Pati, Khoirun Nikmah menegaskan setiap bulan KPU Pati melakukan rekapitulasi pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DKB) yang terakhir dilakukan tanggal 27 Juli 2022 dengan jumlah 1.029.983 pemilih.
“Dari sejumlah DPB itu terdiri dari jumlah pemilih laki-laki 506.076 dan pemilih perempuan 523.907 tersebar di 21 kecamatan,” kata Khoirun Nikmah di kantornya, Senin (8/8/2022).
Pihaknya mengungkapkan adapun data DPB ini belum final, karena tiap bulan terus dilakukan update. Di mana sumbernya diperoleh dari berbagai instansi yang berkaitan dengan kependudukan.
Pertama, kata dia update rekapitulasi DPB diperoleh dari Dinas Pendidikan Wilayah terkait jumlah pemilih pemula yang ada di SMA sederajat. Kedua, data dari Kemenag terkait pemilih sudah mempunyai hak pilih meskipun belum berusia 17 tahun lantaran sudah menikah.
“Kemudian alih status TNI-POLRI yang telah purna itu masuk di daftar kami. Selanjutnya padanan data turunan dari KPU RI tahun 2021 dan data Kemendagri masuk, sehingga kami lakukan sinkronisasi atau pemadanan,” jelasnya.
Selain itu, sumber data juga diperoleh dari tanggapan/masukan masyarakat mengenai memastikan diri telah terdaftar menjadi pemilih 2024 secara online melalui bitly atau bisa lewat aplikasi mobil LindungiHakmu yang sudah berjalan sekitar 2 bulanan.
“Tujuannya yaitu melibatkan partisipasi masyarakat, terkait mengetahui dirinya sebenarnya sudah mempunyai hak pilih. Bisa dicek dengan memasukkan NIK-nya klik cari, nanti akan muncul,” ucap Nikmah.
Sementara itu dirinya menambahkan, bahwa KPU Pati masih dalam proses rekapitulasi untuk pemutakhiran DPB periode Agustus.(Jateng7.com./sbr hms KPUD kabupaten Pati).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.