by

20.000 Benih Lele Di Tebar Lapas Kelas llB Pati ,untuk Berdayakan Warga Binaan.

-Daerah-93 views

Jateng7.com.PATI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati menebar sebanyak 20.000 ikan lele sebagai bentuk memberdayakan narapidana, Rabu 25 Januari 2023.

Kepala Lapas (Kalapas) Febie Dwi Hartanto menyebut kegiatan ini sesuai dengan program Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Serta merupakan bentuk kesinambungan kegiatan perikanan yang ada di Lapas Pati.

“Setelah kemarin kita panen lele seberat 200 kg. Hari ini kita tebar 20.000 ekor bibit lele di 8 kolam SAE. Bibit yang ditebar berukuran 8-9 cm,” ungkap Febie.

Nantinya, bibit akan dipelihara oleh penghuni Lapas yang setiap harinya memberi makan pelet. Diharapkan, dengan kegiatan semacam ini mampu menumbuhkan minat penghuni Lapas dalam berwirausaha ketika sudah bebas nanti.

Targetnya, lele akan dipanen dalam waktu kurang dari 3 bulan. Dengan estimasi bobot 1,2 hingga 1,4 ton.

“Nantinya, dilakukan budidaya pemberian pakan alternatif yang membuat pertumbuhan lebih cepat untuk dipanen,” tambahnya.

Selain program peternakan lele. Program lain Lapas Pati dalam memberdayakan para tahanan adalah dengan pelatihan membuat kue serta membuat batu bata.

Sehingga, bekal keterampilan yang didapat dapat digunakan setelah bebas nantinya. Sekaligus, membuat mereka memiliki skill dan pekerjaan untuk tidak mengulanginya kesalahan.(Jateng7.com./sbr hms Lapas kelas llB Pati).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *