by

DLH Kabupaten Blora Sosialisakan Pengelolaan Bank Sampah Di Kelurahan Tambahrejo.

-Daerah-66 views

Jateng7.com.BLORA -Sosialisasi Bank Sampah di Aula TPS3R  yang berada di Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora, Kabupaten Blora pada hari Jumat, (13/01/2023)

Acara di buka oleh Kalur Tambarejo Marthin Ukie Andana dan di dampingi oleh Bhabinkhamtibmas, Babinsa, tamu undangan serta pengurus bank sampah, Rt, Rw, dan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) beserta rombongan.

Kepala Kelurahan Tambahrejo Marthin Ukie Andana mengucapkan Terimakasih kepada Pemkab Blora terutama, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang telah memfasilitasi tempat TPS3R yang ada di Kelurahan Tambahrejo, Fasilitas sudah jadi, sarana dan prasarana sudah ada termasuk adanya mesin cacah, 3 motor Tossa.

Lanjut Ukie Kalur Tambarejo berharap dengan terbentuknya kepengurusan Bank sampah segera ada aktivitas  sesuai dengan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk segera aktif dan Beroperasional di Kelurahan Tambahrejo dan juga ada arahan untuk memilah sampah Organik dan Non Organik, serta juga ada masukan dari ketua Rt, Rw supaya ada pelatihan pembuatan pupuk Kompos.”ucapnya ”

Kabid DLH Bayu Mengatakan tidak hanya sampah organik juga non organik agar yg ada di Tps mendapatkan penghasilan.
Dan berharap agar mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakatnya setiap rumah harus bisa membedakan antara organik dan non organik karena akan menyebabkan bau jika di jadikan satu.

Lanjut Bayu Gerakan ini di lakukan bersama untuk kelurahan tambahrejo semoga berhasil agar bisa sebagai contoh.
Rencana maret adalah Green houes  dan set.
Set adalah dari lalat yg bertentara hitam bisa di jadikan tepung sekali panen 15 kilo dan makanannya tersebut sampah.
Agar melakukan pemilahan sampah kering dan basah.
Sebagai contoh Organik dari alam kangkung, daun dll.Sedangkan non organik ada plastik, kertas.Karena sampah akan bermanfaat jika ada pemilahan .

Serta wajib Memilah sampah setiap rumah adalah kewajiban, kalau tidak Memilah sampah tidak akan di ambil. Bukan Memilah sampah minta di bayar.

Harapan DLH inovasi di kembangkan karena sampah juga bisa di jadikan bio  gas, dan minyak jelantah juga bisa di buat sabun mandi.
Setiap hari harus ada proses pengelohan sampah itu harapan dri TPS3R. “pungkasnya”

Salah satu warga pengurus Tps Budi berharap dari tujuan  tps3r bagaimana untuk pupuk organik dlu karena petani sangat sulit untuk saat ini mendapatkan pupuk, jadi sampah organik bisa jadi pupuk kompos.harapnya.  (jateng7.com./sbr hms DLH kabupaten Blora).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *