by

Rencana Penambahan Pembangunan TPA Di Pati Selatan Belum Bisa Di Realisasikan Di Tahun Ini.

-Daerah-76 views

Jateng7.com.PATI – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo menyampaikan pihaknya belum bisa memastikan kapan pembangunan penambahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah Pati selatan.

Tulus mengatakan ini berhubungan dengan kemampuan keuangan pemerintah daerah. Meski demikian, pihaknya mengaku DLH akan berkomunikasi dengan bidang perencanaan daerah mengenai fasilitas penambahan TPA.

“Lokasinya belum ditentukan, karena ini kajiannya di Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah). Anggarannya juga belum tahu, apakah bisa dibangun di tahun ini juga belum bisa dipastikan,” kata Tulus.

Pemkab Pati saat ini sebenarnya sudah memiliki TPA yang berlokasi di TPA Sukoharjo, Kecamatan Margorejo. Jika di Pati selatan tersedia fasilitas tersebut, maka jarak tempuhnya juga semakin dekat utamanya dari akses di Pati selatan.

Selain jangkauan wilayah Pati selatan ke TPA Sukoharjo yang cukup jauh juga penting untuk dipertimbangkan membangun lagi TPA di sana. Karena sampah masih menjadi permasalahan atas meningkatnya jumlah penduduk.

“Wacana ini tetap kita upayakan, TPA di wilayah selatan dibutuhkan masyarakat. Memang sudah ada di Pati, namun kalau ada di selatan lebih mendekatkan fasilitas kepada mereka,” jelasnya.

Meskipun sudah diusulkan, namun harus juga dibarengi support sistem keuangan dari daerah. Karena jika anggaran yang dikelola dinas itu tidak memungkinkan, maka bagaimana seharusnya agar di tahun mendatang bisa terwujud.(jateng7.com./sbr hms DLH Kabupaten Pati).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *