Menu Click to open Menus

Headlines

Home » Dunia » Taxi Drone di Dubai Akan Memakai Produk Buatan Ehang

Taxi Drone di Dubai Akan Memakai Produk Buatan Ehang

(564 Views) February 25, 2017 1:54 pm | Published by | No comment

Taxi Drone di Dubai (foto : nytimes.com)

Dubai menjadi terdepan di dunia sebagai kota metropolis yang menerapkan sistem transportasi autonomous. Setelah peluncuran taxi autonomous (taxi tanpa sopir) beberapa waktu lalu, kini otoritas transportasi kota Dubai berencana mengembangkan sistem transportasi udara tanpa awak berbasis drone. Drone untuk taxi udara yang disebut sebagai Dubai Autonomous Aerial Vehicle ini dipamerkan pada ajang World Goverment Summit di Dubai minggu lalu. Otoritas transportasi Dubai telah menjalin kerjasama dengan produsen drone Ehang asal China untuk merealisasikan  visi transportasi udara tanpa awak di Dubai yang akan diluncurkan pada Juli 2017 nanti.

Produk Drone yang akan melayani taxi udara tanpa awak nanti adalah type Ehang 184 yang merupakan drone dengan sistem kendali autonomous yang bisa dinaiki oleh 1 orang penumpang dengan berat maksimal 100 kg dan sebuah bagasi kecil untuk barang dengan berat beberapa kilogram. Drone Ehang 184 ini mampu melesat di udara dengan kecepatan sekitar 100 km/jam dengan jarak tempuh bisa mencapai 50 km. Sayangnya drone produksi Ehang ini hanya mampu terbang selama 30 menit dan setelah itu harus dilakukan pengisian batteray selama  2 jam untuk kemudian bisa lanjut terbang kembali.



Seperti diilustrasikan dalam video produknya, taxi drone kota Dubai ini nanti akan melayani rute-rute tertentu saja yang sudah disetting sebelumnya oleh pihak penyedia layanan. Nantinya konsumen akan bisa memesan taxi drone ini via aplikasi online pada smartphone dan dalam beberapa menit drone akan datang menjemput ke lokasi terdekat dari posisi konsumen. Selanjutnya konsumen masuk ke kokpit dan mulai menentukan lokasi yang ingin dituju dengan menekan menu pada touchscreen panel di ruang cockpit. Drone Ehang 184 ini juga memiliki sistem pengamanan  dari kegagalan (failsafe system). Jika terjadi permasalahan saat terbang maka secara otomatis drone akan mendarat di lokasi  aman yang terdekat untuk menurunkan penumpang. (j7/st)

Tags: , , ,
Categorised in: ,

No comment for Taxi Drone di Dubai Akan Memakai Produk Buatan Ehang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *